Kamis, 11 Februari 2010

MENGAPA AKU HARUS BANGGA MENJADI BANGSA INDONESIA

Judul di atas sama saja dengan bertanya dengan diri saya, apakah saya bangga menjadi anak Indonesia?.

Jelas saya bangga dengan apa yang telah saya miliki saat ini, diantaranya saya terlahir sebagai anak Indonesia dan jelas saya bangga menjadi seorang anak yang terlahir di sebuah Negara yang amat sangat kaya ini, yaitu Indonesia yang kaya akan alamnya, kaya akan nilai budayanya, kaya akan nilai kulinernya, kaya akan hasil karyanya, kaya akan budaya,suku, dan bahasanya, dan masih banyak lagi kekayaan-kekayaan yang dimiliki oleh merah putih ku ini, Indonesia.

Indonesia kaya akan hasil Minyak dan Gas Alam.

Potensi Minyak dan Gas Alam tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi, Maluku, Papua dan Salah satu cadangan minyak terbesar dunia terdapat di Aceh (Pulau Simeulue).
Emas Potensi endapan emas terdapat di hampir setiap daerah di Indonesia, seperti di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.
Batubara Potensi batubara di Indonesia sangat melimpah, terutama di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera, sedangkan di daerah lainnya dapat dijumpai batubara walaupun dalam jumlah kecil, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua, dan Sulawesi.
Belerang Potensi dan penyebaran endapan belerang Indonesia saat ini baru diketahui di 6 propinsi, dengan total cadangan sekitar 5,4 juta. Untuk tipe sublimasi, karena proses terjadinya didasarkan kepada aktivitas gunung berapi, maka selama gunung berapi aktif, belerang tipe ini dapat diproduksi. Dengan demikian sumber daya belerang sublimasi dapat dianggap tidak terbatas.
Kaolin Potensi dan cadangan kaolin yang besar di Indonesia terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Pulau Bangka dan Belitung, serta potensi lainnya tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Sulawesi Utara. Timah Potensi Timah di Indonesia terdapat di Pulau Bangka Belitung, Pulau Singkep, dan Pulau Karimun.
Nikel
Potensi nikel terdapat di Pulau Sulawesi, Kalimantan bagian tenggara, Maluku, dan Papua.
Tembaga Potensi tembaga terbesar yang dimiliki Indonesia terdapat di Papua. Potensi lainnya menyebar di Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Indonesia juga kaya akan hasil alamnya pertanian dan kelautannya.

Di bidang pertaniannya Indonesia sangat unggul karena Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang pertanian ditinjau dari ketersediaan lahan, kesesuaian iklim, tenaga kerja (melimpah), komoditas beragam, dan kekayaan hayati (nomor dua di dunia setelah Brasil). Indonesia memiliki lahan luas, yang dapat dikembangkan menjadi lahan pertanian berkelanjutan. Dan hutannya Jangan ditanya lagi.. Indonesia memiliki luas hutan sebanyak kurang lebih 100 juta hectare. Dan di bidang kelautannya karena Potensi perikanan Indonesia adalah salah satu terbesar di dunia (Secara keseluruhan mencapai 65 juta ton, yang terdiri dari 7.3 juta ton pada sektor perikanan tangkap dan 57.7 juta ton pada sektor perikanan budidaya.

Dari sedikit hal saja yang dimiliki oleh Negara ku ini Indonesia, sudah terlihat kenapa saya bangga menjadi anak Indonesia. Selain itu orang Indonesia terkenal akan keramah-tamahannya dan juga sikap gotongroyongnya antar sesame warga.

Indonesia juga memiliki kawasan wisata yang luarbisa diantaranya adalah Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang adalah putri dari Samaratungga. Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-temurun bernama Gunadharma. Borobudur juga Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO. Dan juga pulau komodo, dicatat oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai salah satu tempat yang dilindungi. Pulau komodo sempat memduduki urutan ke-4 tempat-tempat favorit peninggalan dunia. Taman nasional komodo ini adalah terdapat lebih dari 5700 kadal raksasa alias komodo. Dan di tempat ini juga tinggal 4000 orang. Taman ini berlokasi di pulau vulkanis daerah Wallacea Indonesia. Tempat ini satu-satunya habitat alami komodo di dunia, dan diakui oleh World Wildlife Federation dan Conservatioan International sebagai prioritas konservasi global.

Referensi:

http://kumpulan.info.com

http://aghus.wordpress.com

http://kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar