Sabtu, 03 April 2010

Anova (Analysis of Varianc)

   Analisa Anova

Analisa ragam (Analysis of Varianc) atau yang lebih dikenal dengan istilah ANOVA adalah suatu teknik untuk menguji kesamaan beberapa rata-rata secara sekaligus. Uji yang dipergunakan dalam ANOVA adalah uji F karena dipakai untuk pengujian dari 2 sampel.

Anova dapat digolongkan ke dalam beberapa kriteria, yaitu :

1.      Klasifikasi 1 arah

ANOVA klasifikasi 1 arah merupakan ANOVA yang didasarkan pada pengamatan 1 kriteria.

2.      Klasifikasi 2 arah

ANOVA klasifikasi 2 arah merupakan ANOVA yang didasarkan pada pengamatan 2 kriteria.

3.      Klasifikasi banyak arah

ANOVA banyak arah merupakan ANOVA yang didasarkan pada pengamatan banyak kriteria.

Analisa Varian Dua Arah tanpa Interaksi

Model anova dua arah (two-way anova) yang didalamnya hanya ada satu observasi setiap ruang lingkup sering diartikan sebagai randomized block design, karena adanya tipe khusus dalam penggunaan model ini. Dalam anova, penggabungan kelompok-kelompok disebut blocks, dan karena kejadian individual atau tunggal ditentukan secara random yang didasarkan atas identifikasi keanggotaan blocks, bentuknya dikaitkan dengan randomized blocks design.

Suatu bentuk dimensi blocks sedemikian itu bukan merupakan suatu dimensi perlakuan atau klasifikasi (treatment). Sifat obyektif penggunaan bentuk ini tidak hanya khusus untuk tujuan pengujian suatu efek atau pengaruh blocks, akan tetapi ada kemungkinan untuk menentukan suatu variabilitas diantara

subyek-subyek terhadap prestasi prior, misalnya, MSE dapat direduksi dan pengujian yang dihasilkan dari efek A adalah lebih sensitip.

  Pengujian Klasifikasi Dua Arah Tanpa Interaksi

Menurut M. Iqbal Hasan (2003), pengujian klasifikasi dua arah tanpa interaksi merupakan pengujian hipotesis beda tiga rata-rata atau lebih dengan dua faktor yang berpengaruh dan interaksi antara kedua faktor tersebut ditiadakan.

     Analisis Varian Dua Arah Dengan Interaksi

Menurut Haryono Subiyakto (1994) tiga hipotesis nol yang berbeda dapat diuji dengan anova dua arah dengan interaksi (two-way analysis of variance with interaction, n observations per cell), yaitu: tidak ada efek kolom (perbedaan rata-rata kolom tidak signifikan), tidak ada efek baris (perbedaan rata-rata baris tidak signifikan), dan tidak ada interaksi diantara dua faktor baris dan kolom (dua faktor independen). Suatu efek interaksi yang signifikan menunjukkan bahwa efek klasifikasi bagi suatu faktor berubah-ubah sesuai dengan tingkat-tingkat yang lain. Dalam suatu kasus demikian, keberadaan kolom dan atau baris mengakibatkan kemungkinan tidak berartinya hasil-hasil riset.

   Asumsi Pengujian Anova

Pengujian anova dua arah yaitu pengujian anova yang didasarkan pada pengamatan-pengamatan kriteria. Setiap kriteria dalam pengujian anova mempunyai level. Pengujian anova dua arah mempunyai beberapa asumsi diantaranya:

1.      Populasi yang diuji berdistribusi normal

2.      Varians atau ragam dan populasi yang diuji sama

3.      Sampel tidak berhubungan satu dengan yang lain

Tujuan dari pengujian anova dua arah adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan berbagai kriteria yang diuji terhadap hasil yang diinginkan.

 

Pengujian Klasifikasi Dua Arah Dengan Interaksi

Menurut M. Iqbal Hasan (2003) pengujian klasifikasi dua arah dengan interaksi merupakan pengujian beda tiga rata-rata atau lebih dengan dua faktor yang berpengaruh dan pengaruh interaksi antara kedua faktor tersebut diperhitungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar